Bazar Buku Solusi Atasi Rendahna Minat Literasi

Bazar Buku Solusi Atasi Rendahna Minat Literasi
Ilustrasi Bazar Buku: Kolase dari Berbagai Sumber

Bitreadpedia--Tingkatan literasi di kota yang terkenal dengan pendidikannya yaitu kota Bandung terus menerus digempur lewat berbagai cara. 

Dimulai dari adanya berbagai macam lomba-lomba, komunitas, sosialisasi, hingga bazar buku. 

Bazar buku merupakan salah satu cara yang terbilang paling efektif dalam meningkatkan minat membaca dari berbagai kalangan. 

Bagaimana tidak? dengan karakteristik manusia yang pastinya menyukai potongan harga, daya tarik yang dirasakan oleh masyarakat pun jauh lebih relevan bagi semua kalangan. 

Penyebaran pemikiran bahwa rakyat Indonesia sangat minim dalam aspek minat membacanya dapat dibilang dipatahkan oleh antusiasme yang terlihat saat diadakannya bazar buku yang dimana salah satunya diselenggarakan di daerah Bandung barat. 

Menurut laporan Kompas ribuan orang mengantri untuk berebutan total Rp35.000 buku yang di diskon. 

Dari fenomena ini dapat terlihat bahwa terkadang sebagian besar dari masyarakat sebenarnya sangat tertarik dengan kegiatan literasi tetapi masih terhalang karena harga-harga buku yang tidak cocok dengan perekonomian mereka. 

Mengikuti adanya fenomena ini pula masyarakat mendorong pemerintah agar lebih sering lagi mengadakan bazar buku semacamnya agar dapat mendorong lebih jauh minat baca bagi rakyat Indonesia.

Selanjutnya ada pula salah satu bazar buku internasional di Bandung yang disebut sebagai “Big Bad Wolf Books” yang bahkan telah menjadi wisata literasi. 

Bazar ini telah berhasil untuk mengundang ketertarikan masyarakat hingga yang di luar kota Bandung untuk berpartisipasi di dalamnya. 

Penyelenggara acara tersebut memiliki tujuan untuk membuka cakrawala pengetahuan bagi generasi masa depan di Indonesia. 

Selain manfaatnya yang tidak terbatas bagi anak dan generasi muda, mengingat bahwa pada nyatanya banyak pula orang dewasa dengan tingkat literasi yang rendah. 

Literasi Mendoron Pendidikan

Tidak ada kata terlambat untuk belajar, dan kenapa literasi masih sangat penting bagi orang dewasa dan bukan generasi muda saja? Seperti yang kita semua tahu, bahwa pendidikan serta cara berpikir anak dibentuk sejak sangat dini dengan mengandalkan peran yang paling berpengaruhnya yaitu keluarga. 

Umpamanya jika orang tua seorang anak memiliki tingkat literasi yang rendah, tidak kecil pula kemungkinannya sang anak tidak memiliki dorongan serta panutan yang cukup selama perkembangannya dalam aspek literasi dan pendidikan.

Selain bazar-bazar yang telah disebutkan di atas, masih banyak lagi bazar buku hingga pembagian buku-buku gratis yang tersebar di Indonesia, khususnya di kota Bandung. 

Hal ini merupakan salah satu cara yang lagi-lagi paling efektif untuk mendongkrak minat baca dan perluasan wawasan anak bangsa. 

Sudah tidak diragukan lagi bahwa masyarakat Indonesia masih memiliki potensi dan juga ambisi yang besar terhadap literasi, hanya saja terkadang masih diperlukan bantuan dorongan untuk mendongkrak lebih jauh potensi serta ambisi tersebut.

Maka dari itu penulis mewakili pendapat banyak masyarakat pula sangat mendorong pemerintah maupun organisasi nonpemerintah untuk turut bekerja sama mengadakan kegiatan bazar buku tersebut semakin sering lagi karena hanya memiliki dampak yang baik bagi masyarakat serta kedepannya. 

Penulis: Ratu Bilqis Qonita

 


Baca lainnya

0 Komentar :

Anda belum bisa berkomentar, Harap masuk terlebih dahulu.